LAPORAN INIDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

WAHYU RENNI PERWITASARI, WAHYU RENNI PERWITASARI (2017) LAPORAN INIDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. 14405241035_WAHYU RENNI P_PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UNY salah salah satu fungsi utamanya adalah mendidik calon guru dan tenaga profesi kependidikan yang mampu menunjukkan keprofesiannya, yang ditandai dengan penguasaan akademik kependidikan dan kompetensi bidang studi sesuai dengan ilmunya. Mahasiswa program studi kependidikan seyogyanya mengetahui tentang proses belajar mengajar di sekolah sehingga perlu dibekali dengan praktik lapangan terbimbing (PLT). Tujuannya adalah dapat memberikan pengalaman belajar bagi praktikan terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PLT tahun akademik 2017/2018 dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 di SMA 3 Bantul. Kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menajdi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Laporan ini terdapat beberapa program kerja atau kegiatan dalam Praktik Lapangan Terbimbing yakni penyusunan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), penyusunan program semester, penyusunan program tahunan, praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PLT. Melalui kegiatan PLT ini banyak manfaat yang dapat diambil. Mahasiswa dapat menerapkan teori yang telah diberikan dosen di kampus untuk diterapkan sewaktu bertugas di sekolah. Mahasiswa dapat menemukan permasalahan aktual seputar kegiatan belajar mengajar di lokasi tempat PLT dan dapat menemukan solusi pemecahan dari permasalahan-permasalahan tersebut, memberikan pengalaman dan gambaran nyata mengenai pembelajaran di sekolah sebagai bekal bagi seorang calon pendidik sebelum terjun dalam dunia pendidikan secara utuh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Kegiatan PLT, Manfaat PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54767

Actions (login required)

View Item View Item