LAPORAN INIDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

GREGORIUS EDO YURASTO, GREGORIUS EDO YURASTO (2017) LAPORAN INIDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12. 14405241001_GREGORIUS EDO Y_PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga pendidikan selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Dalam mewujudkan hal tersebut UNY memberikan serangkaian kegiatan yang dinamakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Program PLT dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Program PLT UNY menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga sekolah, salah satunya SMAN 3 Bantul yang beralamat di Gaten, Trirenggo, Bantul. Kegiatan pelaksanaan Praktik Lapangan terbimbing, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Selain itu inovasi mengajar dan media pembelajaran merupakan hal yang di kembangkan dalam Praktik Lapangan terbimbing. Dalam pelaksanaan PLT yang bertempat di SMA N 3 Bantul, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya. Sebelum pelaksanaan PLT mahasiswa sudah diberi pembekalan yaitu micro teaching, pembekalan PLT, dan observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan perlengkapan praktik mengajar. Pelaksanaan PLT dimulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yakni penyusunan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PLT. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas dimulai tanggal 7 Oktober 2017 sampai dengan 13 November 2016, sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing di SMA N 3 Bantul. Secara umum, dengan adanya kegiatan praktik lapangan terbimbing (PLT) dapat menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat melaksanakan program dan tugas-tugasnya di sekolah. Selain itu, melalui Praktik Lapangan Terbimbing menjadikan calon pendidik memiliki wawasan tentang pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PLT UNY 2017 di SMAN 3 Bantul memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMAN 3 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54766

Actions (login required)

View Item View Item