LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Khoirul Bariyyah, Khoirul Bariyyah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10. 14302244011_KHOIRUL BARIYYAH_P.FISIKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bekal mahasiswa pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki sebelum terjun menjadi tenaga pendidik yang sebenarnya. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini juga sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dimulai tanggal 15 September sampai 15 November 2017 di SMA N 3 Bantul Yogyakarta. Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru pembimbing mata pelajaran fisika SMA N 3 Bantul, praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Fisika untuk kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 4. Praktik mengajar terbimbing merupakan kegiatan belajar mengajar di mana dalam pelaksanaan mengajar mahasiswa praktikan didampingi oleh guru pembimbing. Dalam ini secara tidak langsung guru pembimbing menilai kinerja praktikan dan juga memberikan evaluasi kepada praktikan baik saran maupun kritik yang bersifat membangun praktikan untuk tampil lebih baik lagi. Sementara praktik mengajar mandiri berupa kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan secara mandiri tanpa didampingi oleh guru pembimbing. Terkait dengan belajar mengajar sudah ada 4 kali mengajar terbimbing. Sementara sisanya adalah mengajar mandiri. Adapun hasil yang dicapai selama PLT, yaitu berupa bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PLT dengan sukses. Selama pelaksanaan PLT berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa hambatan seperti kondisi yang tidak kondusif, jam mengajar pada jam terakhir serta kurangnya kesiapan peserta didik untuk menerima materi. Namun semua hambatan tersebut dapat diatasi atas bantuan dari guru pembimbing dan dukungan serta kerjasama antarmahasiswa PLT di SMA N 3 Bantul.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT , SMA N 3 Bantul, praktik mengajar, hasil PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54763

Actions (login required)

View Item View Item