PENGARUH SIKAP SISWA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU TEMPEL MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMKN 6 YOGYAKARTA

Risti, Pratiwi (2018) PENGARUH SIKAP SISWA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU TEMPEL MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMKN 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) sikap siswa dalam pembelajaran kompetensi pembuatan saku tempel mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit, (2) keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran kompetensi pembuatan saku tempel mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit, (3) menguji pengaruh sikap terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran kompetensi pembuatan saku tempel mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Tata Busana di SMK N 6 Yogyakarta yang berjumlah 93 siswa. Sampel penelitian sebanyak 49 siswa ditentukan dengan rumus Slovin dan pengambilan sampel menerapkan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk yang dianalisis menggunakan korelasi product moment. Reliabiltas instrumen menggunakan rumus alfa-cronbach. Hasil validitas instrumen menyatakan 29 butir valid dan 1 butir gugur, sedangkan hasil reliabilitas instrumen diperoleh nilai sebesar 0,805. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sikap siswa dalam pembelajaran kompetensi pembuatan saku tempel mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 73,5%, terdiri dari sikap mandiri (83,7%) termasuk kategori sangat baik, sikap kooperatif/kemampuan bekerjasama (95,9%) termasuk kategori sangat baik, sikap kerja keras (55,1%) termasuk kategori sangat baik, sikap komunikatif/kemampuan berkomunikasi (67,4%) termasuk kategori baik, dan sikap disiplin (93,9%) termasuk kategori sangat baik, (2) keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran kompetensi pembuatan saku tempel mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit tergolong sangat aktif dengan persentase sebesar 89,8%, ditinjau dari aktivitas fisik (95,9%) termasuk kategori sangat aktif, aktivitas mental (87,8%) termasuk kategori sangat aktif, aktivitas intelektual (93,9%) termasuk kategori sangat aktif dan aktivitas emosional (65,3%) termasuk kategori sangat aktif, (3) Terdapat pengaruh yang positif sikap siswa terhadap keaktifan belajar kompetensi pembuatan saku tempel mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit kelas X jurusan tata busana SMK N 6 Yogyakarta dengan koefisien regresi sebesar 0,198 dan nilai signifikansi 0,001<0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap siswa, keaktifan belajar, kompetensi pembuatan saku
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 15:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54730

Actions (login required)

View Item View Item