PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR PEMROGRAMAN DI SMK NEGERI 2 SALATIGA

Mi'raz Galih, Prasetya (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR PEMROGRAMAN DI SMK NEGERI 2 SALATIGA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Laporan TAS_Miraz Galih_11501241021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X TEI B pada mata pelajaran dasar pemrograman di SMK Negeri 2 Salatiga menggunakan metode peer teaching. Aspek yang diamati adalah peningkatan hasil belajar aspek kognitif dan pencapaian hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TEI B SMK N 2 Salatiga yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus berikutnya. Siklus 1 diberikan perlakuan pembekalan materi pada tutor sebaya, sedangkan pada siklus 2 diberikan perlakuan tambahan yaitu pembekalan materi dan teknik mengajar beserta penyampaiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar pengamatan peran aktif siswa, jobsheet, dan tes belajar, foto dan nilai awal siswa. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil belajar siswa dengan menerapkan metode peer teaching mengalami peningkatan. Hasil peningkatan aspek kognitif dari nilai rata-rata siswa yang semula 66,18 menjadi 77,27 dengan ketuntasan dari 66,7% menjadi 91%. Aspek afektif ketercapaian hasil rerata siswa 78,3 yang memiliki artian siswa memiliki sikap yang baik. Kemudian aspek psikomotorik ketercapaian rerata 78,67. Kesimpulan penelitian didapatkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai dengan metode peer teaching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran peer teaching, hasil belajar, dasar pemrograman
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:38
Last Modified: 30 Jan 2019 15:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54727

Actions (login required)

View Item View Item