LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

NIKE DESIANA DWI LUPITASARI, NIKE DESIANA DWI LUPITASARI (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT Nike Desiana Dwi Lupitasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Strata 1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini merupakan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah sebagai seorang pendidik. PLT menghadapkan pada interaksi langsung dengan siswa, guru, dan juga kultur sekolah. Pada tahun akademik ini, kegiatan PLT dilaksanakan selama 2 bulan penuh tanpa dibarengi dengan kegiatan KKN. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Kegiatan PLT berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, kegiatan PLT diawali dengan kegiatan observasi pra PLT. Kegiatan PLT tahun ini meliputi : observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam pelaksanaan PLT ini, mahasiswa (penulis) berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum 2013 Revisi, sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Revisi. Media pembelajaran yang digunakan meliputi bermain Kuis Kahoot dan mencari Kosakata dalam TTS “Socio Mencari Jodoh”.. Peralatan yang digunakan antara lain LCD, proyektor, white board, spidol dan Kertas Manila. Dalam ketentuan PLT mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar selama minimal 8 kali tatap muka. Alokasi waktu setiap pertemuan adalah 3 jam pelajaran. Jadi dalam satu minggu mahasiswa praktikan mengajar 6 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelolapeserta didikdi luar kelas. Karena guru tidak hanya memberikan ilmu dikelas namun juga mendidikpeserta didikdi luar kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Perangkat Pembelajaran, Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2018 09:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54706

Actions (login required)

View Item View Item