MODEL EDUPRENEURSHIP PELOPOR SMK TECHNO, TEACHER, AND SCHOOLPRENEUR (TAHUN KE 3)

Dr. M.Bruri, Triyono and Herminarto, Sofyan (2017) MODEL EDUPRENEURSHIP PELOPOR SMK TECHNO, TEACHER, AND SCHOOLPRENEUR (TAHUN KE 3). Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model edupreneurship pelopor SMK techno, teacher, and schoolpreneur yang terdiri dari: (1) model edupreneurship SMK, (2) model technopreneurship SMK, (3) model teacherpreneurship SMK., (4) model schoolpreneur SMK. Penelitian ini termasuk penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang dilakukan selama tiga tahun. Tahun pertama, melakukan observasi dan mengkaji potensi SMK agar dapat mengimplementasikan model edupreneurship, menyusun kerangka model, menyelenggarakan FGD untuk membahas kerangka model, dan merevisi kerangka model untuk dikembangkan pada tahun berikutnya. Tahun kedua, mengevaluasi model edupreneurship dan mengembangkan prototype web edupreneurship di SMK. Tahun ketiga, uji lapangan akhir serta melakukan diseminasi model akhir edupreneurship. Responden yang dilibatkan dalam FGD terdiri atas tiga pakar pendidikan kejuruan dari perguruan tinggi, dua praktisi dari Dinas Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, serta 10 guru SMK dan mahasiswa. SMK yang dijadikan fokus observasi pada tahun kedua adalah SMKN 2 Depok, SMKN 2 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah Pakem, SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Nasional Berbah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah model technopreneurship untuk SMK secara garis besar terdiri atas kreativitas berpikir siswa, motivasi belajar siswa dan kemampuan manajerial siswa dengan penekanan pada survival skills siswa; model teacherpreneurship untuk SMK secara garis besar terdiri atas pengembangan kompetensi, peningkatan keprofesionalan guru, pengembangan guru dan efektivitas dalam pembelajaran dengan penekanan pada creativity of teaching; model schoolpreneurship untuk SMK secara garis besar terdiri atas pengembangan sumber dana alternative, pengembangan unit produksi, koperasi, kantin, dan kerjasama DUDI dengan penekanan pada income generating untuk SMK; model edupreneurship untuk SMK secara garis besar terdiri atas technopreneurship, teacherpreneurship dan schoolpreneurship dengan output kerangka model edupreneurship terdiri atas survival skills siswa, creativity of teaching, serta income generating untuk SMK. Pada penelitian ini juga dihasilkan pengembangan prototype web edupreneurship SMK sebagai sarana yang mewadahi pihak SMK dalam mengembangkan model edupreneurship berbasis teknologi.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana 2017
Uncontrolled Keywords: edupreneurhip, technopreneurship, teacherpreneurship, and schoolpreneur
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:22
Last Modified: 02 Jan 2018 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54702

Actions (login required)

View Item View Item