PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Maristi Fitria Alfandi, Maristi Fitria Alfandi (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT Maristi Fitria Alfandi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, praktik lapangan terbimbing diselenggarakan di lokasi SMA Negeri 2 Banguntapan. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi, kegiatan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, pelaksanaan PLT, pembuatan perangkat pembelajaran dan evaluasi. Semua tahap harus dijalani praktikan secara runtut dan tertib. Inti kegiatan praktik lapangan terbimbing ini terdiri dari dua bidang yaitu kegiatan mengajar terbimbing dan kegiatan non mengajar terbimbing. Kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum 2013. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 15 September sampai 14 November 2015 dengan mata pelajaran Kimia materi termokimia dan laju reaksi. Jumlah jam mengajar dalam satu minggu yaitu 4 jam pelajaran di kelas XI MIPA 3. Dalam pelaksanaan praktik lapangan terbimbing ini praktikan menggunakan media Power Point dan papan tulis, untuk metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, ceramah, studi literatur, demonstrasi dan tanya jawab. Sedangkan untuk model pembelajaran menggunakan cooperative learning dan discovery learning Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan yaitu minimal menggunakan 8 RPP selama mengajar. Dalam pelaksanaan PLT, tidak semua kegiatan berjalan dengan lancar, ada beberapa hambatan yang ditemui. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PLT adalah pengelolaan kelas yang masih perlu ditingkatkan lagi karena terkadang kurang kondusif dan alokasi waktu dalam mengajar kurang efektif. Dengan mengetahui hambatan yang dihadapi, praktikan akan lebih mampu dalam memecahkan masalah yang ada saat berada di lapangan. Sehingga dapat meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, wawasan dan pengembangan kompetensi untuk bekal yang bermanfaat di masa depan menjadi seorang guru professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Praktik Mengajar, Kimia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2018 04:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54695

Actions (login required)

View Item View Item