PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI TPA DHARMA YOGA SANTI UNY

Arumi Savitri, Fatimaningrum, MA. and Puji, Yanti Fauziah and Martha, Christianti and Muthaminnah, Muthaminnah, M.Pd. (2017) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI TPA DHARMA YOGA SANTI UNY. Artikel Penelitian Institusional 2017.

[img]
Preview
Text
abstract_penelitian institusional Pusdi AUD_Arumi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_penelitian institusional Pusdi AUD_Arumi.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik para pendidik di TPA Dharma Yoga Santi UNY. Penelitian ini mengacu pada metode Research and Development dari Borg & Gall yang pada tahun pertama ini difokuskan pada tahap penelusuran dan tahap perancangan. Subjek penelitian adalah satu (1) orang kepala sekolah dan empat (4) orang pendidik di TPA Dharma Yoga Santi UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada tahap penelusuran ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait dengan 8 Standar PAUD. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelusuran menghasilkan fokus permasalahan dan skala kebutuhan dari model pelatihan untuk para pendidik di TPA Dharma Yoga Santi. Selanjutnya dibuatlah rancangan pengembangan model pelatihan berdasar tujuh (7) langkah pengembangan model, yaitu: 1) Mengidentifikasi kebutuhan; 2) Perumusan tujuan umum dan tujuan khusus latihan; 3) Penyusunan dan pengembangan alat penilaian awal (pretest) dan alat penilaian akhir (posttest) peserta latihan; 4) Penyusun urutan kegiatan latihan dan pengembangan bahan belajar; 5) Pelatihan/persiapan materi para pelatih dan staf program latihan; 6) Perancangan program latihan; serta 7) Penyusunan alat penilaian program latihan dan umpan balik. Rancangan model pelatihan ini perlu untuk dilanjutkan ke tahun kedua untuk dilakukan pengujian ahli (expert judgement) dan uji lapangan sehingga dapat diketahui efektivitas dari pengembangan model pelatihan ini.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Institusional 2017
Uncontrolled Keywords: pengembangan model pelatihan, kompetensi pedagogi, pendidik PAUD
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 04:45
Last Modified: 02 Jan 2018 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54690

Actions (login required)

View Item View Item