MODEL KONSEPTUAL BIMBINGAN KEJURUAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

MUTAQIN, M.Pd., MT (2017) MODEL KONSEPTUAL BIMBINGAN KEJURUAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Artikel Penelitian Disertasi Dokter 2017.

[img]
Preview
Text
ABS.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan :1) model konseptual bimbingan kejuruan di SMK yang tepat, sebagai upaya strategis dalam mempersiapkan lulusan SMK memasuki dunia kerja. 2) artikel ilmiah tentang bimbingan kejuruan yang siap dipublikasikan pada jurnal ilmiah; 3) dihasilkan luaran tambahan berupa bahan ajar untuk mendukung kegiatan perkuliahan di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Model yang dikembangkan menggunakan model normative procedural. Model dikembangkan melalui Forum Group Discussion (FGD) dan diuji keabsahannya untuk memenuhi standar teori dan ilmiah, yaitu dengan validasi dari sejumlah pakar. Pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Luaran penelitian ini menghasilkan: 1) model konseptual pengembangan bimbingan kejuruan di SMK yang valid; 2) artikel yang telah diseminarkan pada pertemuan koferensi internasional (International Conference On Technology And Vocational Teachers (ICTVT) di Yogyakarta, 28 September 2017; 3) dihasilkan bahan ajar berupa draft buku perkuliahan pada mata kuliah Bimbingan Kejuruan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, dengan judul buku: “Bimbingan Kejuruan: Tinjauan Teoretis dan praktis”

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Disertasi Dokter 2017
Uncontrolled Keywords: mode koseptual, bimbingan kejuruan, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 04:28
Last Modified: 02 Jan 2018 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54683

Actions (login required)

View Item View Item