LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Artanti Mulia Hertina, Artanti Mulia Hertina (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT Artanti Mulia Hertina.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Selain itu dalam praktik lapangan terbimbing, diharapkan mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan beragam teori yang mereka dapat di bangku kuliah. Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 dilaksanakan di SMA N 2 Banguntapan pada tanggal 15 September- 15 November 2017. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pengajaran mikro, kegiatan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, pelaksanaan PLT, pembuatan perangkat pembelajaran dan evaluasi. Semua tahap harus dijalani secara runtut dan tertib. Inti kegiatan praktik lapangan termbimbing ini terdiri dari dua bidang yaitu praktik mengajar dan administrasinya serta kegiatan rutin piket harian yaitu pendampingan guru piket. Praktik Lapangan Terbimbing di SMA N 2 Banguntapan dilakukan di kelas XI IPA 4. Praktik mengajar ini menggunakan media power point dan papan tulis kemudian metode ceramah, diskusi dan demonstrasi serta model discovery learning dalam mengajarkan materi termokimia dan laju reaksi. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan yaitu minimal menggunakan 8 RPP selama mengajar. Dalam pelaksanaan PLT, tidak semua kegiatan berjalan dengan lancar, ada beberapa hambatan yang ditemui. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PLT antara lain pembagian waktu/ alokasi waktu dalam mengajar kurang efektif. Dengan mengetahui hambatan yang dihadapi, praktikan akan lebih mampu dalam memecahkan masalah yang ada saat berada di lapangan, sehingga dapat meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, wawasan, dan pengembangan kompetensi untuk bekal yang bermanfaat di masa depan menjadi seorang guru professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2018 04:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54679

Actions (login required)

View Item View Item