LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Alfiani Lestari, Alfiani Lestari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT Alfiani Lestari.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu wadah yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Dalam periode tahun ajaran tahun 2017/2018 Praktek Lapangan Terbimbing telah di laksanakan di SMA N 2 Banguntapan selama kurang lebih dua bulan sejak 15 September 2017- 17 November 2017. Praktek Lapangan Terbimbing ini selain bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa setelah menyelesaikan tugas dikampus juga merupakan sarana mentransfer, mentransformasikan, dan mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dari kampus pada calon peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam pelaksanaanya kegiatan dimulai dengan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi analisis hari efektif, program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran soal dan pedoman penskoran ulangan harian, dan daftar penilaian. Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi targer frekuensi mengajar yang telah ditetapkan. Adapun selama dua bulan pelaksanaan PLT penulis mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di 6 kelas X (X IPS 1-3, dan X MIPA 1-3) dan 1 kelas XI (XI MIPA 4). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMA N 2 Banguntapan adalah mahasiswa dapat memperoleh pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Sehingga nantinya setelah terjun langsung di bidangnya (menjadi Guru) mahasiswa dapat menyusun strategi pembelajaran yang lebih baik dan dapat mengembangkanya supaya hambatan yang muncul selama pembelajaran dapat diselesaikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, Pendidikan Sejarah, SMA N 2 Banguntapan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2018 04:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54677

Actions (login required)

View Item View Item