Akmaludin Alfathan Harris, Akmaludin Alfathan Harris (2017) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan PLT Akmaludin Alfathan Harris.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) diadakan di sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai lembaga yang mencetak pendidik-pendidik berprestasi. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PLT, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rancangan program, pembekalan oleh DPL PLT, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, memberikan materi tentang Miniatur KBM, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dan penyusunan laporan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta 2017 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan, mahasiswa mendapat banyak pengalaman dalam mencari ilmu tentang bagaimana menjadi seorang guru yang memiliki kompetensi yang sesuai. SMA N 2 Banguntapan mempunyai mata pelajaran Seni Budaya seperti sekolah pada umumnya, program studi Seni Rupa merupakan program studi yang dilaksanakan oleh penulis. Dalam mata pelajaran Seni Budaya, setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda karena proses belajar mengajar lebih mengutamakan kebebasan berekspresi. Dimana setiap siswa membutuhkan pembimbingan khusus. Sehingga membutuhkan perlakuan dan cara mengajar yang berbeda pula. Praktik Lapangan Terbimbing (PPL) membiasakan mahasiswa untuk menghadapi situasi dimana pendidik harus bertindak cepat untuk menghadapi persoalan yang sedang terjadi. Pengalaman yang didapat dalam belajar dan bertindak merupakan pengalaman yang berharga sebagai sebagai modal bekerja dimasa depan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program PLT, SMA N 2 Banguntapan, Seni budaya, Pendidikan Seni Rupa |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 04:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |