PRODUKSI GAS HIDROGEN DALAM MEDIA TEPUNG UMBI UWI PUTIH (DIOSCOREA OPPOSITE)

Isana, SYL, M.Si. and Siti, Marwati and Sulistyani, Sulistyani and Heru, Pratomo AI (2017) PRODUKSI GAS HIDROGEN DALAM MEDIA TEPUNG UMBI UWI PUTIH (DIOSCOREA OPPOSITE). Artikel Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017.

[img]
Preview
Text
IsanaSYL_ABSTRAK_Pen Bidang Ilmu_DIPA UNY.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Pemecahan molekul air menjadi gas hidrogen dan oksigen secara elektrolisis merupakan metoda yang sudah sering dilakukan, tetapi permasalahan utama adalah efektivitas produksi yang relatif masih rendah. Pemanfaatan hidrogen sebagai sumber energi ramah lingkungan tidak diragukan lagi, sehingga merupakan tantangan tersendiri untuk dapat memecah molekul air secara efektif dengan biaya relatif murah dalam upaya penyediaan gas hidrogen secara melimpah. Upaya peningkatan efektivitas elektrolisis dapat dilakukan dari berbagai sisi, misalnya dengan menggunakan elektrokatalis dan elektrolit atau media yang digunakan. Pada penelitian ini telah dicoba mengelektrolisis air dalam media tepung umbi uwi putih dan dipelajari voltamogramnya, untuk mengetahui sejauhmana efektivitas elektroda kerja stainless steel dan stainless steel/Fe-Co-Ni pada elektrolisis air dalam media tepung umbi uwi putih. Metoda penelitian yang digunakan voltametri siklik dengan menggunakan alat voltameter eDAQ EChem, yang mampu menggambarkan alur tegangan dan arus yang digunakan selama elektrolisis. Berdasarkan voltamogram siklik yang diperoleh dapat ditentukan efektivitas elektrolisis air, yakni dengan menentukan kondisi optimal produksi hidrogen selama proses elektrolisis. Aktivitas elektroda stainless steel/Fe-Co-Ni pada proses produksi gas hidrogen dalam media tepung umbi uwi putih ternyata menurun baik ditinjau dari sisi produk maupun kebutuhan energi, kondisi tanpa media merupakan kondisi optimum, sedangkan aktivitas elektroda stainless steel meningkat pada penambahan 3 gram tepung umbi uwi putih per liter air bila ditinjau dari sisi produk, ada kenaikan efisiensi, menjadi 1,3 kali lebih banyak, dengan penambahan energi sebesar 23%. Kondisi optimum produksi gas hidrogen dicapai pada penambahan 3 gram umbi uwi putih per liter air dengan menggunakan elektroda stainless steel dan pada 0 gram bila menggunakan elektroda stainless steel /Fe-Co-Ni atau bila dilihat dari efisiensi energi. Penggunaan elektroda stainless steel /Fe-Co-Ni relatif memberikan hasil yang relatif lebih baik bila dibandingkan dengan stainless steel, terjadi peningkatan produk gas hidrogen sebesar 28% dan penurunan kebutuhan energi sebesar 73,26% (penambahan 3 gram tepung umbi uwi putih per liter air); serta peningkatan produksi sebesar 65% (penambahan 0 gram tepung umbi uwi putih per liter air).

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017
Uncontrolled Keywords: pemecahan molekul air, voltamogram, umbi uwi putih, efektivitas elektrolisis, elektroda stainless steel/Fe-Co-Ni.
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 02:16
Last Modified: 02 Jan 2018 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54651

Actions (login required)

View Item View Item