MODEL PEMBELAJARAN MICRO TEACHING BERBASIS VidUK (VIDEO UNJUK KERJA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR TEORI DAN PRAKTIK MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Husaini Usman, M. Pd and Galeh, Nur Indriatno Putra P and Nur, Hidayat, M.Pd. and Indah, Wahyuni, M.Pd (2017) MODEL PEMBELAJARAN MICRO TEACHING BERBASIS VidUK (VIDEO UNJUK KERJA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR TEORI DAN PRAKTIK MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) model pembelajaran micro teaching berbasis video unjuk kerja untuk mata pelajaran teori; 2) model pembelajaran micro teaching berbasis video unjuk kerja untuk mata pelajaran praktik. Pendekatan penelitian menggunakan R&D (Borg and Gall). Fokus penelitian pada mahasiswa micro teaching Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan tahun 2017. Pengembangan video terdiri atas: analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, evaluasi formatif. Cakupan video pembelajaran micro teaching meliputi: keterampilan membuka pelajaran, keterampilan penyampaian kegiatan inti serta pembelajaran dan keterampilan menutup pelajaran. Video pembelajaran micro teaching meninjau pada mata pelajaran teori dan bengkel. Data dikumpulkan, ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Produk pengembangan akan didesiminasikan pada mahasiswa micro teaching Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, serta diunggah ke web besmart UNY. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran micro teaching berbasis video unjuk kerja untuk mata pelajaran teori dan praktik terdiri atas keterampilan dasar mengajar membuka pelajaran yang meliputi: penyiapan siswa, penyampaian kompetensi dasar, apersepsi, menarik perhatian siswa, dan menimbulkan motivasi; keterampilan mengajar penyampaian isi pelajaran meliputi: penguasaan materi pembelajaran, penyampaian materi yang sistematis dan logis, kesesuaian langkah pembelajaran, pengalaman belajar dengan kompetensi dasar, keefektifan pengelolaan kelas, ketepatan teknik bertanya, kesesuaian metode dan media pembelajaran dengan kompetensi dasar, kecakapan mengguankan media, volume suara, kejelasan vocal, kelancaran bicara dan variasi intonasi, ketepatan pengguanaan isyarat, keluwesan gerak, kepercayaan diri, pandangan mata, ketepatan alokasi waktu; dan keterampilan menutup pelajaran meliputi: peeninjauan kembali capaian pembelajaran, merangkum hasil pembelajaran, mengevaluasi hasil pembelajaran, mengaplikasikan ide baru, mendemonstrasikan keterampilan dari hasil pembelajaran, review materi selanjutnya.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017
Uncontrolled Keywords: micro teaching, pembelajaran praktik, pembelajaran teori, video pembelajaran
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 02:13
Last Modified: 02 Jan 2018 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54650

Actions (login required)

View Item View Item