LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Meilana Nur Aini, Meilana Nur Aini (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14406241027_ MEILANA NUR AINI_PEND. SEJARAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PLT ini merupakan sarana penerapan ilmu yang telah di-peroleh mahasiswa di bangku perkuliahan, Program ini bertujuan untuk memben-tuk calon pendidik yang dipersiapkan untuk menjadi tenaga pendidik yang mem-iliki profesionalitas yang tinggi. Sebelum terlaksananya program PLT ini, maha-siswa telah mendapatkan beberapa mata kuliah yang berkesinambungan untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang sesungguhnya. Di dalam be-berapa mata kuliah yang telah didapatkan sebelumnya mahasiswa mendapatkan ilmu untuk dapat membuat perangkat pembelajaran, cara mengajar yang baik dan lain sebagainya, sehingga ketika mahasiswa diterjunkan ke sekolah sudah benar-benar siap untuk mengajar dengan baik. Pelaksanaan program PLT di SMA N 1 Jetis Bantul meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, media pembelajaran administrasi guru dan perangkat lain yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 28 September sampai 10 November 2017. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah diberi kesempatan untuk mengajar di kelas X MIPA 2 dan X MIPA 5 dengan alokasi waktu 2x45. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa dapat mengetahui posisi dan peran yang sesungguhnya seorang tenaga pendidik di sekolah. Ilmu yang didapat dalam bangku perkuliahan dapat diterapkan secara nyata melalui kegiatan PLT ini. Tidak hanya semata-mata ilmu mengenai pembu-atan perangkat pembelajaran dan cara mengajar melainkan interaksi dan tata kar-ma yang baik dengan kepala sekolah, guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL 2016, SMA N 1 Jetis Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54634

Actions (login required)

View Item View Item