LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Masrifatun Nafi’ah, Masrifatun Nafi’ah (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14303241002_MASRIFATUN_PEND.KIMIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PLT adalah praktik lapangan terbimbing yang merupakan kegiatan aplikatif dan dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Berbeda dengan kegiatan PPL tahun sebelumnya, kegiatan PLT ini mahasiswa lebih terbimbing oleh guru pamong dalam praktiknya di sekolah. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik dengan bimbingan guru. Di perkuliahan mahasiswa mendapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia. Kegiatan praktik lapangan terbimbing ini dilakukan di SMA N 1 Jetis selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Dalam kegiatan PLT ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik kegiatan sekolah (non mengajar). Kegiatan praktik mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru Pembimbing yaitu Ibu Dra. Dwi Supratmi. Tujuan dari kegiatan praktik mengajar ini, agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X sebanyak 2 kelas yaitu X MIPA 4 dan X MIPA 5. Tetapi praktikan sering mengisi untuk menggantikan guru pembimbing mengajar dikelas X MIPA 2, X MIPA 3, dan XII MIPA 5 serta mengajar PMA (les kelas XII). Sementara praktik kegiatan sekolahan (non mengajar) bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar. Kegiatan non mengajar ini meliputi tadarus Al-Qur’an, mengaji bersama guru, melakukan absensi kelas, piket UKS, Perpus dan piket guru. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 27 kali pertemuan di kelas X, 7 pertemuan di kelas XII dan melakukan praktik kegiatan sekolah (non mengajar) maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat bantuan dari Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PLT dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat untuk mahasiswa calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan,Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Dec 2017 01:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54626

Actions (login required)

View Item View Item