LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Catur Setyawan, Catur Setyawan (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14206244007_CATUR SETYAWAN_PEND. SENI RUPA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY jurusan S1 untuk memperoleh gelar sarjana kependidikan. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapakan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam melakukan kegiatan mengajar dalam kelas, sehingga akan menjadikan calon pendidik yang profesional dan tanggap dalam mengikuti perkembangan ilmu pendidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMA N 1 Jetis Bantul, tepatnya di JL. Imogiri Barat ini dimulai pada tanggal 15 September 2017 dan diakhiri pada tanggal 15 November 2017. Sebelum melakukan PPL mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA N 1 Jetis Bantul. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2017. Dengan adanya observasi ini mahasiswa dapat mengetahui kondisi nyata situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam kelas yang dilakukan oleh Guru. Sehingga berbagai data terkait proses kegiatan pembelajaran dapat diperoleh mahasiswa diantaranya media yang digunakan dalam KBM, potensi siswa dalam kelas, faktor penghambat kegiatan KBM dll. Data tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk mempersiapkan kegiatan mengajar selama PLT. Dalam kegiatan PLT ini penulis memperoleh mata pelajaran Seni Budaya. Mata pelajaran ini adalah mata pelajaran teori dan praktek yang diberikan pada kelas X , XI, XII IPA dan IPS. Banyak pengalaman yang dapat dijadikan pengalaman untuk menempa kemampuan mahasiswa dalam hal belajar mengajar, dengan pengalaman yang benarbenar real dan ada di lapangan. Dalam proses belajar mengajar yang tidak kita dapatkan dalam mata kuliah micro teaching ,kita dapat menyerap dari proses belajar mengajar pada masa PLT ini.Dengan selesainya kegiatan PLT ini mahasiswa dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya sebagai calon tenaga pendidik. Sehingga nantinya dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya dan senantiasa mampu mengembangkan metode-metode dalam pelaksanaan kegiatan KBM secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 08:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54620

Actions (login required)

View Item View Item