LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

SITI A’SAH, SITI A’SAH (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SITI A’SAH 14413241037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 di SMA Negeri 1 Sanden dengan alamat Murtigading, Sanden, Bantul telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tangga 15 September – 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari program studi, yaitu Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Bahasa Prancis. Kegiatan PLT bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa kependidikan untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman untuk mengembangkan diri menjadi tenaga profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi, pembuatan administrasi guru, praktik mengajar baik terbimbing maupun mandiri, pembuatan soal evaluasi, analisis hasil evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Adapun hasil dari pelaksanaan PLT di SMA Negeri 1 Sanden yang dimulai pada tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017 ini diantaranya mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama di bangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PLT di SMA Negeri 1 Sanden, praktikan nmendapat kesempatan mengajar mata pelajaran sosiologi selama 12 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu secara administratif praktikan dapat membuat RPP hingga melakukan evaluasi terhadap siswa. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi 3 kompetensi wajib kurikulum dengan pendekatan scientific 5M (mengamati, menanya, menanya, mengasosiasi dan mengkomunikasi). Program kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan, arahan serta motivasi dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar berlangsung. Peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar memberikan pengaruh tersendiri bagi keberlangsungan kegiatan PLT. Selain itu terlaksananya program PLT ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimiliki untuk mempraktikan apa yang sudah didapat di bangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT. UNY. SMA Negeri 1 Sanden. Sosiologi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 06:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54600

Actions (login required)

View Item View Item