Muhammad Nursa’ban, M.Pd, - (2008) EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN KULONPROGO PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. UNY.
|
Text
Muhammad_Nursa’ban.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui program pembelajaran yang dibuat guru geografi di SMA Negeri Kabupaten Kulonprogo sebagai gambaran perencanaan pembelajaran geografi berupa perangkat pembelajaran yang disiapkan oleh guru sebelum proses pembelajaran; (2) mengetahui sistematika pembelajaran GEOGRAFI di SMA Negeri Kabupaten Kulonprogo berupa tahap¬an pelaksanaan kegiatan pembelajaran meliputi pendahuluan, ke¬giatan inti, dan penutup pembelajaran; (3) mengetahui pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri Kabupaten Kulonprogo sesuai dengan sistem penilaian dalam KTSP yang di¬atur oleh peraturan menteri pendidikan nasional no 20 tahun 2007. Penelitian ini merupakan penelitian survey melalui pen¬dekatan evaluasi model Stake. Subjek penelitian adalah guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo kelas X, XI, dan XII sejumlah 11 orang yang tersebar pada 11 SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan lembar observasi dengan 4 skala nilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari data yang diperoleh melalui instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan program pembelajaran yang dibuat oleh guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam kate¬gori sangat baik (72,72%), dengan rerata = 227,55 dari skor mini¬mum yang mungkin diperoleh dalam kategori sangat baik yaitu >221. Sistematika pembelajaran geografi di SMA Negeri Ka¬bupaten Kulonprogo dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam kategori sangat baik (54,54%), dengan rerata = 52,27 dari skor minimum yang mungkin diperoleh dalam kategori sangat baik yaitu > 52. Pelaksanaan Penilaian dalam Proses Pem-belajaran Geografi di SMA Negeri Kabupaten Kulonprogo dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) termasuk dalam kategori sangat baik (54,54%), dengan rerata = 58,55 dari skor minimum yang mungkin diperoleh dalam kategori sangat baik yaitu > 58,5. FISE, 2008 (PEND. GEOGRAFI)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:08 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 04:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |