LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Meiga Anggraeni, Meiga Anggraeni (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MEIGA ANGGRAENI 14413241038.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PLT pada dasarnya dapat memberikan pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PLT di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Kegiatan PLT di SMA N 1 Sanden, merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester 7 2017yang berlokasi di SMA N 1 Sanden telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Agustus 2017 sampai 15 November 2017. Kelompok PLT dilokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari berbagai prodi yang berbeda di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Dalam kesempatan PLT di SMA N 1Sanden ini praktikan mendapat kesempatan mengajar sosiologi di kelas X IIS 1, XI IIS 1,XI IIS 3 PLT yang dilakukan praktikan dimulai tanggal 15 Agustus sampai dengan 15 November 2017 dengan menggunakan beragam metode pembelajaran sosiologi k 13 dan media pembelajaran sosiologi. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PLT sampai akhir PLT, serta PPL juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak sekolah. Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan sekolah lainnya seperti piket harian dan membantu kegiatankegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 1 Sanden, Sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 05:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54596

Actions (login required)

View Item View Item