LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Erni Tyas Fatnani, Erni Tyas Fatnani (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ERNITYAS FATNANI 14304241001.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) semester ganjil tahun 2017 telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sanden, Jl. Murtigading Sanden, Murtigading Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763 selama 2 bulan sejak tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. PLT dijadikan sebagai usaha untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Pada Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan mengikuti kegiatan layaknya guru yang ada di sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran dan fungsinya selama pelaksanaan PLT dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) materi Biologi di kelas maupun mempersiapkan segala keperluan untuk mendukung proses mengajar, baik berupa RPP maupun media pembelajaran serta perangkat pembelajaran yang lainnya. Kegiatan mengajar terdiri atas dua yaitu mengajar secara mandiri dan mengajar secara terbimbing. Kelas yang diajar ada 2 kelas yaitu X MIPA 1 dengan materi Protista dan Jamur, serta Kelas XI MIPA 1 dengan materi Sistem Gerak dan Sistem Peredaran Darah. Program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah serta piket harian yang meliputi piket perpustakaan, piket lobi dan piket UKS. Ada pula program berisi kegiatan sekolah berupa HUT SMA N 1 Sanden yang ke-35. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaan meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal selama pelaksanaan. Keberhasilan program-program PLT dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru biologi dan memperoleh pengalaman langsung di lapangan sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh kesempatan untuk ikut andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 1 Sanden, Program PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54592

Actions (login required)

View Item View Item