LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Muhammad Romli, Muhammad Romli (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Romli (14416241013).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program PLT (Praktik Lapangan Terbimbing) merupakan program universitas yang bertujuan untuk mengenlkan kepada mahasiswa lapangan pekerjaan sesuai dengan jurusan kuliah masing-masing. PLT masuk dalam daftar mata kuliah wajib bagi mahasiswa kependidikan maupun nonkependidikan. Mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan mengambil PLT di sekolah. Dengan mengikuti PLT di sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Keadaan empiris kelas tentu tidak selalu sama dengan teori yang dipelajari oleh mahasiswa di kampus maupun praktik pembelajaran mikro yang sudah terlaksana. Oleh karena itu, pengalaman itu dapat melengkapi pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam rangka persiapannya menjadi guru yang profesional. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SMP N 1 Sewon beralamat di Jl. Parangtritis KM. 7, Timbulharjo Sewon Bantul Yogyakarta dan berlangsung dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PLT kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) VIII E, VIII F, VIII G, VIII H. Rancangan kegiatan PLT terdiri dari persiapan PLT, pelaksanaan PLT, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 15 September 2017, kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 15 September s.d 15 November 2017 yaitu di kelas VIII E, VIII F, VIII G, VIII H. Maka dari itu kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PLT ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP N 1 Sewon Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54589

Actions (login required)

View Item View Item