LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Anita Nur Afrilia, Anita Nur Afrilia (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anita Nur Afrilia (14601241065) .pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi tenaga professional pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). PLT merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang bersifat intrakurikuler. PLT ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya PLT ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Kegiatan atau program PLT dilaksanakan di SMP N 1 Sewon pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Kegiatan praktik lapangan terbimbing yang dilakukan di SMP N 1 Sewon adalah kegiatan praktik mengajar di kelas sebagai program utama. Program utama individu praktikan adalah membuat perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Praktikan mengampu pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas 7 sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII G dan H, dan Kelas VIII sebanyak 2 kelas, yaitu Kelas VIII G dan H serta juga ada pendampingan dan juga mengganti mengajar masuk kelas. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode scientific dan eksperimen sebagai metode dalam kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif melalui kegiatan pengamatan, penyelidikan, diskusi, dan komunikasi (presentasi). Hasil dari kegiatan PLT selama 2 bulan adalah pelaksanaan PLT berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program PLT UNY 2017 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMP Negeri 1 Sewon. Sarana dan prasarana sekolah juga sangat mendukung terlaksananya PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PLT, SMP N 1 Sewon, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 02:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54579

Actions (login required)

View Item View Item