LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 KRETEK

Dwi Astuti, Aprilia (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 KRETEK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
APRILIA DWI ASTUTI PEND SOSIOLOGI 14413241004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyrakat, serta membuna tenaga kependidikan. Salah satu usaha untuk memenuhi tugas tersebut adalah mengikuti mata kuliah Praktik LapanganTerbimbing (PLT).Sesuai dengan visi PLT UNY yaitu sebagai wahana pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sekolah yang menjadi tujuanPLT beralamat di Genting, Tirtomulyo, Kretek,Bantul. PLT telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kretek selama 8 minggu sejak 15 September 2017 -15November 2017. Mahasiswa dalam pelaksanaan PLT melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan magang II yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Berbagai program dan kegiatan PLT telah dilaksanakan. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan.Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik,serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar Pendidikan Jasmani. Selain itu program PLT yang dilaksanakan adalah memperingati hari ulang tahun sekolah, pendampingan kegiatan kepramukaan. Secara garis besar, program-program individu dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pribadi penyusun, siswa, guru dan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Program PLT selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PLT UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: plt, uny, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 01:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54570

Actions (login required)

View Item View Item