LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Yulia Happy Kusumastuti, Yulia Happy Kusumastuti (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT_YULIA HAPPY KUSUMASTUTI_P. EKONOMI_14804241012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah salah satu program mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa yang telah menempuh beberapa mata kuliah wajib untuk mengikuti PLT. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kopetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemmpuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan PLT ini dilaksanakan di SMK N 1 Bantul, Kecamatan Sabdodadi, Kabupaten Bantul yang dalam pelaksanaannya dimulai dari tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Sebelum pelaksanaan PLT ini berlangsung, diadakan observasi untuk mengetahui keadaan sekolah, baik itu sarana dan prasaran, administrasi, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) maupun keadaan peserta didik. Pada tanggal penerjunan, sudah bisa melakukan praktik mengajar di kelas. Praktik mengajar di kelas dilaksanakan di kelas XI Akuntansi (AK) 1, XI AK 2, dan XI AK 3. Strategi pembelajaran yang dilakukan antar lain Team Game Tournament, Two Stay Two Stray, Everyone Is A Teacher Here, dan ceramah. Dalam pelaksanaan praktik mengajar di kelas, terdapat beberapa kendala. Kendala tersebut diantaranya pengondisian kelas. Namun setelah PLT ini berjalan, peserta didik lama kelamaan cenderung mudah diatur. Juga dalam pelaksaan PLT ini, mahasiswa tidak hanya melakukan praktik mengajar di kelas, tetapi praktik nonmengajar juga dilakukan seperti piket guru maupun membantu menginventaris buku di perpustakaan. Dengan adanya pelaksanaan PLT ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata sebagai seorang calon pendidik, dapat mengembangkan kompetensi yang dimiliki, serta mengetahui karakteristik dari peserta didik. Selain itu, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya maupun yang diberikan pada saat kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54548

Actions (login required)

View Item View Item