LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) / MAGANG III

Verdian Desya Islami, Verdian Desya Islami (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) / MAGANG III. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT_VERDIAN DESYA ISLAMI _PTI_14520244002.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal serta masyarakat. Program PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran sebagai tempat pelaksanaan program PLT pada tahun 2017 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 1 Bantul khususnya seluruh peserta didik SMK Negeri 1 Bantul. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. Sedangkan kompetensi yang diampu adalah Rancang Bangun Jaringan (kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2), Komunikasi Data (kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2) dan Pemrograman Dasar (kelas XI TKJ 1, XI TKJ 2, XI RPL 1, XI RPL 2). Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan evaluasi. Secara keseluruhan, pelaksanaan PLT dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Mahasiswa praktikan berhasil melaksanakan 475 jam. Artinya pelaksanaan program PLT telah memenuhi jam minimum yang telah ditentukan pihak universitas yakni 256 jam. Kegiatan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi juga berjalan dengan baik. Mahasiswa telah menyusun persiapan PLT berupa administrasi guru secara lengkap. Dari kegiatan PLT ini mahasiswa praktikan dapat memperoleh pengalaman yang sangat berharga terutama dalam bidang pembelajaran dan pendidikan. Hambatan-hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri dibidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Negeri 1 Bantul, Teknik Komputer Jaringan, Rancang Bangun Jaringan, Komunikasi Data, Pemrograman Dasar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54547

Actions (login required)

View Item View Item