LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dias Novitasari, Dias Novitasari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT_DIAS NOVITASARI_P. EKONOMI_14804241007.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sarana bagi mahasiswa kependidikan untuk dapat melakukan praktik mengajar di sekolah sehingga mahasiswa dapat menerapkan teori yang didapat di perkuliahan ke peserta didik yang sesungguhnya. Tujuan dari pelaksanaan PLT adalah memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa agar dapat memahami kondisi kegiatan belajar mengajar di sekolah dan dapat mengembangkan kemampuan mengajarnya. Mahasiswa diharapkan tidak hanya memiliki penguasaan materi yang baik, namun juga kemampuan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik dan pengelolaan kelas yang baik, sehingga praktikan memiliki ketrampilan mengajar yang dapat menjadi bekal sebagai calon pendidik yang kompeten. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bantul yang beralamat di Jalan Parangtritis Km 11, Sabdodadi, Bantul, selama kurang lebih dua bulan. Pada pelaksanaannya, praktikan melakukan praktik mengajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis di kelas X AK 1 dengan siswa sejumlah 32 orang, X AK 2 dengan siswa sejumlah 32 orang, , X AK 3 dengan siswa sejumlah 32 orang , X AK 4 dengan siswa sejumlah 32 orang , dan X PS dengan siswa sejumlah 32 orang. Berdasarkan catatan, praktikan telah melakukan praktik mengajar di kelas sebanyak 8 kali pertemuan. Pelaksanaan praktik mengajar juga mencakup tahap persiapan, yaitu penyusunan program tahunan, penyusunan program semester, penyusunan rencana pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, dan membuat instrumen evaluasi. Tahapan persiapan lalu dilanjutkan dengan tahapan pelaksanaan dan evaluasi. Dalam melaksanakan pembelajaran praktikan menggunakan metode yang bervariasi, di antaranya cooperative learning, diskusi, dan tanya jawab. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu whiteboard, spidol, LCD Proyektor dan laptop. Secara keseluruhan, pelaksanaan praktik pengalaman mengajar telah berjalan dengan baik. Terdapat hambatan yang ditemui di lapangan, namun praktikan telah berupaya memberikan solusi agar proses pembelajaran dapat berjalan sebaik-baiknya. Melalui PLT praktikan mendapatkan pelatihan dan pengalaman dalam mengajar serta memberikan wawasan mengenai kondisi dan pengelolaan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing(PLT), SMK Negeri 1 Bantul, Ekonomi Bisnis, Akuntansi, Perbankan Syariah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 07:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54531

Actions (login required)

View Item View Item