PENGEMBANGAN BUKU SAKU KARATE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE DI MADRASAH IBTIDAIYAH HUSNAYAIN TEMPEL

Rukmi, Rr. Diah Nisita (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU KARATE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE DI MADRASAH IBTIDAIYAH HUSNAYAIN TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (96MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku saku karate sebagai sumber belajar untuk siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Menurut Sugiono (2009) penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yakni: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, pembuatan produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba, produksi akhir. Pengembangan buku saku karate terlebih dahulu divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 5 peserta didik untuk uji coba satu lawan satu, 10 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, 15 peserta didik untuk uji coba lapangan. Subjek penelitian ini terdiri dari 70 peserta ekstrakurikuler dengan pengambilan sampel sebanyak 30 peserta ekstrakurikuler Madrasah Ibtidaiyah Husnayain Tempel. Teknik pengumpuln data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku teknik dasar karate sebagai sumber belajar bagi siswa SD adalah layak. Hasil tersebut diperoleh dari validasi a) ahli materi sebesar 87,5% atau layak; b) ahli media sebesar 81,65% atau layak; c) respon siswa uji coba lapangan dari segi materi sebesar 93,3% atau layak, Segi desain buku saku sebesar 95% atau layak dan skor maskimal 94,17 % atau layak. Dengan demikian kesimpulan bahwa buku saku karate telah dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Buku Saku Karate, Teknik Dasar Karate, Siswa SD
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54530

Actions (login required)

View Item View Item