LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dahlia Fauziah, Dahlia Fauziah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT_DAHLIA FAUZIAH_P.AKUNTANSI_14803244017.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing atau di singkat PLT merupakan salah satu program yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan serta menghasilkan calon guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional serta berdedikasi tinggi. Pada pelaksanaaannya , mahasiswa melakukan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK Negeri 1 Bantul dengan alamat di Jalan Parangtritis Km.11, Sabdodadi, Bantul, Yogyakarta. Program PLT dilaksanakan selama 2 bulan, terhitung dari tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan praktik mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan guru pembimbing. Pada pelaksanaannya praktikan diberi kesempatan unutk mengampu mata pelajaran Akuntansi Dasar di kelas X PS (Perbankan Syariah). Selain mengajar, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket lobi, piket perpustakaan, dan lain sebagainya. Dengan adanya pengalaman penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang professional. Hasil dari pelaksanaan PLT selama 2 bulan di SMK Negeri 1 Bantul ini dapat dirasakan mahasiswa yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan akuntansi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Terlaksananya setiap program yang ada tentu tidak lepas dari adanya hambatan-hambatan. Namun, setiap hambatan yang muncul masih dapat diatasi dengan adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Negeri 1 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 07:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54528

Actions (login required)

View Item View Item