LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

ANNISA CAHYA DWI P, ANNISA CAHYA DWI P (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT_ANNISA CAHYA D P_P.ADM PERKANTORAN_14802241037.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman secara nyata dalam memahami kegiatan guru di sekolah yang meliputi praktik mengajar maupun praktik non mengajar. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMKN 1 Bantul telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Jumlah anggota kelompok dilokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Observasi terdiri atas observasi pembelajaran di kelas, serta observasi kondisi sekolah/lembaga. Dalam obsevasi pembelajaran di kelas dan observasi peserta didik terdapat beberapa aspek yang diamati antara lain: perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan perilaku siswa. Aspek yang diamati dalam observasi kondisi sekolah antara lain: kondisi fisik sekolah, potensi siswa dan guru, fasilitas KBM, perpustakaan, laboratorium, ekstrakurikuler, dan sebagainya. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Program kerja atau kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) meliputi observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, mencari materi pembelajaran, mempelajari materi pembelajaran, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat media pembelajaran, praktik mengajar di kelas, menyususn alat evaluasi, mengevaluasi tugas siswa, membantu membuat administrasi guru, piket sekolah, bimbingan/monitoring dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), penyusunan laporan Praktik Lapangan Terbimbing. Terdapat dua kategori dalam pelaksanaan praktik mengajar di kelas oleh mahasiswa yaitu praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Hal-hal yang menjadi perhatian dalam proses pembelajaran antara lain: membuka pelajaran, penyajian materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, dan menutup pelajaran. Selama masa Praktik Lapangan Terbimbing, mahasiswa mendapatkan bimbingan, monitoring, dan evaluasi dari guru pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Negeri 1 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 07:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54527

Actions (login required)

View Item View Item