LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Mukhlisin, Mukhlisin (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUKHLISIN (14401244008).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan PLT adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PLT bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah.PLTjuga merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Pelaksanaan PLT (Praktik Lapangan Terbimbing) UNY 2017 yang berlokasi di SMP Negeri1Jetis ini dimulai pada tanggal 15 September 2017 dan berakhir pada tanggal 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif, menarik, mudah, serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar PKn. Dalam hal ini dapat melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PLT ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar yang digunakan praktikan menggunakan metode diskusi (Cooperative learning), talking stick,mind map ceramah,Kuis, serta tanya jawab. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi Laptop, PPT dll. Pada praktik mengajar di SMP Negeri 1Jetis ini, telah menyelesaikan tugas secara umum mengajar sebanyak 12 kali pertemuan, yaitu kelas VIIIA, VII B, VIII C, VIII D, VIII E dan VIII F. Praktik mengajar di kelas dapat dikatakan berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala dan hambatan dalam melakukan PLT baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain kecenderuang berpikir siswa yang menganggap bahwa PKn merupakan pelajaran yang membosankan. Namun semua ini dapat diatasi dengan menggunakan metode yang tepat Dengan adanya kegiatan PLT ini, mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Dengan terselesaikanya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Harapannya, mahasiswa PLT UNY 2017 tidak hanya sekedar menyalurkan ilmunya tetapi juga dapat menerapkannya sehingga diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pendidikan, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 06:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54519

Actions (login required)

View Item View Item