PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Rifai, Syaifullah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis flash pada kompetensi dasar memperbaiki sistem Air Conditioning (AC) untuk peserta didik kelas XII bidang keahlian TKR SMK Negeri 3 Yogyakarta. (2) Menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis flash pada kompetensi dasar memperbaiki sistem Air Conditioning (AC) untuk peserta didik kelas XII bidang keahlian TKR SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur yang digunakan mengadopsi metode penelitian dan pengembangan 4D yang dikembangan oleh Thiagarajan. Terdapat 4 tahapan prosedur penelitian yang dijalankan, yaitu (1) Tahap pendefinisian (define), (2) Tahap perancangan (design), (3) Tahap pengembangan (develop), dan (4) Tahap penyebaran (dissemination). Pengambilan Proses penilaian kelayakan media pembelajaran dengan memberikan angket kepada ahli materi, ahli media, responden uji coba lapangan terbatas sebanyak 10 siswa dan responden uji coba lapangan lebih luas sebanyak 52 siswa. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Data angket kemudian diolah untuk menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran untuk materi sistem AC berbasis aplikasi Adobe Flash CS6 dengan hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rerata skor sebesar 3,315 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,28 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari uji coba lapangan terbatas mendapatkan rerata skor sebesar 2,975 dalam kategori layak. Hasil penilaian dari uji coba lapangan lebih luas mendapatkan rerata skor sebesar 3,35 dalam kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran untuk materi sistem AC berbasis Adobe Flash CS 6 dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54490

Actions (login required)

View Item View Item