PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI RUPA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR di SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2, YOGYAKARTA

Dian Handayani, Ribka (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI RUPA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR di SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAS RIBKA DIAN HANDAYANI.PDF
Restricted to Repository staff only until 28 December 2018.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan modul lengkap (self contained) pembelajaran seni rupa sekolah dasar kelas IV, yaitu memenuhi unsur karakteristik modul, kelengkapan kompnen modul, unsur-unsur modul, unsur- unsur grafis, dan elemen mutu modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D). tahapan penelitian ini terdiri dari: (1) studi pendahuluan, (2) studi pengembangan desain model, dan (3) validasi model. Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa modul pembelajaran seni rupa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, observasi, diskusi dan konsultasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan analisis statistik deskriptif. Kelayakan modul memenuhi kriteria apabila skor kelayakan minmal 76 dari skor maksimal 100. Modul pembelajaran ini memenuhi kriteria layak oleh rata-rata skor kelayakan dari ahli materi 93,750, ahli media 77,272, uji coba perorangan 84,399, uji coba kelompok kecil 88,021 dan uji coba kelompok besar 87,995. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran seni rupa di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54483

Actions (login required)

View Item View Item