LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Wiqoyatul Hikmah, Wiqoyatul Hikmah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wiqoyatul Hikmah-14804244016-Pendidikan Ekonomi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial yang tercantum dalam UU no.14 tentang guru dan dosen tahun 2005 merupakan Kompetensi yang harus dipenuhi oleh seorang guru profesional. Praktik lapangan terbimbing (PLT) merupakan salah satu cara perguruan tinggi dalam mengasah kompetensi tersebut kepada para mahasiswa keguruan, dengan memberikan pengalaman secara riil berupa pembelajaran disekolah baik secara teknis maupun manajerial dimana sekolah sebagai laboratorium penelitian mahasiswa dalam mengeksplor kemampuannya serta menguji metode-metode yang sesuai dan dapat diterapkan di kelas. Pelaksanaan kegiatan PLT dilakuakan memalui beberapa tahap. Tahap pertama observasi sekolah dan kelas pada PLT I atau microteaching dengan tujuan untuk gambaran tempat praktik mengajar yang akan dilaksanakan pada PLT II. Selanjutnya observasi sekolah dan kelas pada PLT II untuk persiapan terjun langsung dalam praktik mengajar, persiapan mengajar, pelaksanaan praktik mengajar, dalam praktik megajar dilakasakan di empat kelas yaitu X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3 dan X IPA 4 dengan menggunakan kurikulum 2013 dan selanjtnya evaluasi sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran yaitu proses mengajar dan pemahaman peserta didik di kelas. Di tahap akhir, mahasiswa melakukan penyelesaian laporan PLT. Hasilnya dari pelaksanaan PPL selama dua bulan di SMA Negeri 1 Piyungan ini mahasiswa dapat bereksperimen di laboratoriumnya, meliputi transfer knowledge sesuai dengan program studi masing-masing dan juga transfer value yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Adapun manfaat dalam pelaksaan PPL ini mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna di kemudian hari yang belum tentu didapat dalam pembelajaran dikelas serta sebagai sarana untuk mengembangkan kualitas diri sebagai penddidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 1 Piyungan, Mahasiswa PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 01:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54469

Actions (login required)

View Item View Item