LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Wicka Nurngafifah, Wicka Nurngafifah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wicka Nurngafifah-14405241005-Pendidikan Geografi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi kependidikan memiliki tujuan menghasilkan lulusan calon pendidik yang berkompeten sesuai dengan bidang ilmu pendidikan masing-masing. Upaya-upaya pembelajaran yang terdapat di Universitas Negeri Yogyakarta antara lain diadakannya mata kuliah berbasis pendidikan, kegiatan penunjang keterampilan serta keahlian calon pendidik seperti praktik pengajaran mikro dan praktik pengajaran langsung di sekolah atau pada tahun ini disebut Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Sekolah yang menjadi lokasi Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bagi penyusun adalah SMAN 1 Piyungan, Bantul. Kegiatan ini diawali dengan observasi sekolah, kelas dan persiapan bahan ajar. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan materi ajar adalah kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut, kelas-kelas yang menjadi kelas praktik, serta penyusunann Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan penentuan metode, model dan strategi pembelajaran yang tepat. Penyusun telah berhasil melaksanakan praktik mengajar dalam mata pelajaran geografi di dua kelas yaitu kelas X IPS 2 dan X IPS 3 dengan satu buah RPP serta berbagai model, metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pebelajaran. Selain praktik mengajar, mahasiswa juga berlatih melaksanakan tugas-tugas sebagai calon guru yng berguna untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri, serta ikut serta dalam kegiatan sekolah dan organisasi siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 01:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54468

Actions (login required)

View Item View Item