LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ririn Aldino Puspasari, Ririn Aldino Puspasari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ririn Aldino Puspasari-14405241041-Pendidikan Geografi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa S1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang telah lulus menempuhmata kuliah Micro Teaching harus melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Ilmu yang sudah diperoleh dan kemampuan yang telah dimiliki di kampus, dipraktikkan secara langsung di lapangan yaitu di lingkungan sekolah. Secara garis besar, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang dilaksanakan meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran. PLT dilaksanakan sejak tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017 bertempat di SMA Negeri 1 Piyungan yang beralamat di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY. Setiap mahasiswa melaksanakan program-program kegiatan pembelajaran dengan ketrampilan yang dimiliki dan diperoleh selama berada di perguruan tinggi, serta didukung oleh kondisi lingkungan sekolah baik dari tenaga pengajar, siswa, maupun sarana dan prasarananya. Mahasiswa juga telah mengikuti pembekalan PLT dan melaksanakan observasi untuk memperoleh data mengenai kondisi lingkungan sekolah baik fisik maupun non fisik. Berdasarkan hasil observasi yang didapat, maka mahasiswa dapat merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PLT. Program-program PLT yang telah direncanakan dan dilaksanakan yaitu konsultasi dengan guru dan dosen pembimbing PLT, membuat perangkat pembelajaran, mencari bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, membuat dan mengoreksi lembar kerja, membuat soal ulangan harian, pembuatan media pembelajaran dan administrasi guru, serta penyusunan laporan PLT. Pada kegiatan PLT ini mahasiswa mengampu kegiatan pembelajaran Geografi di kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Selain dalam lingkung kegiatanpembelajaran di kelas, mahasiswa juga mengikutikegiatan ekstrakurikuler dan bersama tim PLT, melaksanakan pembuatan denah SMA Negeri 1 Piyungan dan pengadaan inventaris sekolah berupa sketsel. Hasil yang diperoleh mahasiswa selama PLT adalah pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik, pengalaman mengajar, dan mengetahui berbagai tugas seorang guru di sekolah yang akan sangat bermanfaat untuk mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 1 Piyungan, Geografi, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 00:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54466

Actions (login required)

View Item View Item