PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ridwan Nulloh, Ridwan Nulloh (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ridwan Nulloh-14207241012-Pendidikan Seni Kerajinan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sector pendidikan. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. PLT Universitas Negeri Yogyakarta semester Gasal 2017 yang berlokasi di SMA N 1 Piyungan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. PLT dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Dimulai dari observasi yang menjadi titik awal pembuatan program. Setelah menentukan rencana program, mahasiswa PLT melakukan pelaksanaan yaitu mengajar di kelas XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPA 3, XII IPA 4 dengan materi ajar keterampilan (kerajinan).Kurikulum yang diterapkan dalam jenjang kelas tersebut adalah KTSP. Kondisi tersebut memberikan pengalaman yang bervariasi dalam melaksanakan pembelajaran. Tentu ini adalah pengalaman yang berharga. Selanjutnya mahasiswa melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, yaitu proses mengajar dan pemahaman peserta didik di kelas. Di tahap akhir, mahasiswa melakukan penyelesaian laporan PLT. Secara umum program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Demi kelancaran dalam proses pembelajaran praktikan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PLT, SMA N 1 Piyungan, Program Utama Individu, Praktik Mengajar, Menyusun Administrasi Mengajar, Penyusunan Evaluasi Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 00:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54465

Actions (login required)

View Item View Item