LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Karisna Andari Lanjarwati, Karisna Andari Lanjarwati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Karisna Andari Lanjarwati-14209241026-Pendidikan Seni Tari.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. PLT dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran sebagai anggota masyarakat. PLT dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Dimulai dari observasi yang menjadi titik awal pembuatan program. Setelah menentukan rencana program, mahasiswa PLT melakukan pelaksanaan yaitu mengajar di kelas. Praktik mengajar dilakukan pada tiga rombongan belajar, yaitu X IPA 2, X IPS 1 dan X IPS 3. Kurikulum yang diterapkan dalam jenjang kelas tersebut adalah K13. Kondisi tersebut memberikan pengalaman yang dalam melaksanakan pembelajaran. Tentu ini adalah pengalaman yang berharga. Selanjutnya mahasiswa melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, yaitu proses mengajar dan pemahaman peserta didik di kelas. Di tahap akhir, mahasiswa melakukan penyelesaian laporan PLT. Kegiatan PLT ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan yang berlokasi di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul berlangsung selama 2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 September sampai 15 November 2017 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan. Kegiatan PLT ini secara keseluruhan terlaksana dengan baik dan lancar. Banyak sekali manfaat dan hal yang didapatkan dari program kegiatan ini. Perangkat pembelajaran, materi, evaluasi, kalender akademik, program tahunan, program semester, pelaksanaan pembelajaran adalah hasil program individu. Selanjutnya secara berkelompok, mahasiswa juga mengetahui tentang kondisi atau kultur sekolah dan berusaha membuat program aternatif untuk mengelola permasalahan dan potensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 1 Piyungan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54456

Actions (login required)

View Item View Item