LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Andriani Wulansari, Andriani Wulansari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andriani Wulansari-14303241021-Pendidikan Kimia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Dalam kegiatan PLT ini mahasiswa dapat dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah bagi mahasiswa program pendidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mempunyai misi yakni menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan professional; mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan, memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan, mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan dari tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Sebelum diterjunkan ke lokasi sekolah, UNY membuat berbagai program persiapan sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL yang berupa pembelajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas dan membuat rencana pembelajaran. Sementara dalam pelaksanaannya meliputi pembuatan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal, analisis butir soal, evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 19 September sampai 13 November 2017, praktik mengajar dilakukan di kelas X MIPA 1, X MIPA 4, X IPS 2, X IPS 3 dan XI IPA 1. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, demostrasi, dan praktik. Media yang digunakan adalah spidol, white board, LCD, LKPD. Evaluasi dilaksanakan 1 kali untuk kelas X MIPA 1, X MIPA 4 tentang materi ikatan kimia. Hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PLT adalah: 1. Dari praktikan, kurang menguasai kelas, waktu yang kurang untuk menyampaikan materi, 2. Dari siswa, ketidakaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, belum terbiasa dengan metode diskusi sehingga sangat sulit mengkondisikan siswa, banyak siswa yang ngobrol sendiri saat dijelaskan. Usaha untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan dalam pelakasanaan PPL adalah dengan selalu melakukan konsultasi dengan guru pembimbing untuk menyamakan persepsi tentang materi yang diajarkan dan untuk mendapat masukan, saran dan bimbingan dalam pelaksanaan praktik mengajar untuk mendapatkan hasil sebaik-baiknya. Dengan pelaksanaan PLT ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna di kemudian hari. Penulis berharap supaya hubungan kerjasama antara sekolah dengan UPPL UNY dan praktikan tetap terjaga dengan baik meskipun kegiatan PLT telah berakhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 1 Piyungan, Kimia, Mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 04:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54445

Actions (login required)

View Item View Item