LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ammarsila Mahardika Hutama, Ammarsila Mahardika Hutama (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ammarsila Mahardika Hutama-14406241067-Pendidikan Sejarah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu program yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa berjenjang pendidikan di UNY. Program PLT ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat PLT praktik mengajar langsung di sekolah yang telah ditentukan. Selain itu, program PLT ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Pihak sekolah dan mahasiswa PLT UNY gotong royong, bekerja sama, dan bersinergi selama PLT berlangsung guna mengembangkan dan memajukan sekolah. Selain itu, kegiatan PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik di sekolah. Kegiatan PPL ini dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap lagi, yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar. Hasil dari pelaksanaan PLT selama dua bulan di SMA Negeri 1 Piyungan ini dapat diperoleh mahasiswa berupa penerapan Ilmu Pengetahuan dan Praktik Keguruan, dalam hal ini khususnya bidang pendidikan sejarah yang diperoleh selama menimba ilmu di Universitas Negeri Yogyakarta. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT, sehingga pengalaman lain selama PLT inilah yang sangat berharga bagi Mahasiswa PLT. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PLT dengan peserta didik, sehingga terjalin kerjasama antara pendidik dan peserta didik ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT,Pendidikan Sejarah, SMA Negeri 1 Piyungan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 04:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54444

Actions (login required)

View Item View Item