LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

REVA PUTRA LAKSANA, REVA PUTRA LAKSANA (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Sosiologi_14413241067_REVA PUTRA LAKSANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib diampu oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, Praktik Lapangan Terbimbing digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan ini penulis melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing di SMA Negeri 1 Pleret yang terletak di Kedaton, Pleret, Bantul, Yogyakarta. PLT ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Kegiatan PLT telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. Adapun hasil dari pelaksanaan PLT di SMA Negeri 1 Pleret diantaranya mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama di bangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PLT di SMA Negeri 1 Pleret, praktikan mendapatkan kesempatan mengajar mata pelajaran sosiologi di kelas X dan kelas XI IPS selama 27 kali pertemuan dengan fasilitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Pleret yang cukup lengkap. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu secara adminitratif praktikan dapat membuat RPP hingga melakukan evaluasi terhadap peserta didik. Pokok bahasan yang diajarkan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut yaitu KTSP untuk kelas XI dan Kurikulum 2013 untuk kelas X. Program kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan, arahan serta motivasi dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar berlangsung. Peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar memberikan pengaruh tersendiri bagi keberlangsungan kegiatan PLT. Selain itu terlaksananya program PLT ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimiliki untuk mempraktikan apa yang sudah didapat di bangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT. UNY. SMA Negeri 1 Pleret. Sosiologi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 04:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54442

Actions (login required)

View Item View Item