LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Khoirudin, Khoirudin (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Matematika_14301244002_KHOIRUDIN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk mata kuliah yang bertujuan agar para mahasiswa pendidikan memiliki pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang dapat dijadikan bekal sebagai calon tenaga pendidik (guru). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga pendidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara profesional. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMA Negeri 1 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi dalam beberapa tahap, yaitu tahap persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil belajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X MIA 2, X MIA 4, X IIS 2, dan X IIS 3 dengan mata pelajaran matematika. Materi yang diajarkan antara lain sistem pertidaksamaan linier dua variabel (linier-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) serta fungsi. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya, seperti piket perpustakaan, piket diruang piket, salam pagi, dan lainnya. Berdasarkan program PLT yang telah dirumuskan, selama kegiatan PLT. Praktikan dapat merealisasikan program-program tersebut. Hail dari kegiatan PLT yaitu praktik mengajar sebanyak 18 jam di kelas X MIA 2, X MIA 4, X IIS 2, dan X IIS 3 serta mengajat 4 jam di kelas X MIA 1 dan X IIS untuk menggantikan guru pembimbing yang berhalangan hadir. Keberhasilan PLT yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktik Mengajar, Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 03:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54433

Actions (login required)

View Item View Item