LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Sahrul Akbar, Sahrul Akbar (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Geografi_14405241038_SAHRUL AKBAR.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

PLT (Praktik Lapangan Terbimbing) yang diselenggarakan Universitas Ngegeri Yogyakarta merupakan wujud dari dharma bakti mahasiswa sebagai seseorang yang telah mengenyam pendidikan di bangku kuliah, dan sebagai seseorang yang telah mendapat ilmu seyogyanya mempraktikkan dan menyalurkan ilmunya secara langsung kepada masyarakat. Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta juga merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”, dimana mahasiswa mengabdi kepada masyarakat melalui bidang pendidikan dan pengajaran yang dibuktikan dengan mahasiswa berperean sebagai guru yang sebenarnya dan menyalurkan ilmu kepada para pembelajar di instansi pendidikan yang berada dalam cakupan perguruan tinggi yang bersangkutan. PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun ini dilaksakan dalam kurun waktu dua bulan, terhitung dari 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Saya sebagai mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan PLT di SMA Negeri 1 Pleret yang beralamatkan di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul. Daerah Istimewa Yogyakarta Total mahasiswa yang melaksanakan PLT di SMA Negeri 1 Pleret berjumlah 24 orang. Kegiatan PLT dilaksanakan mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu. Selama kegiatan PLT berlangsung mahasiswa praktikan didampingi oleh seorang guru pembimbing sesuai dengan jurusan dan mata pelajaran yang diampu untuk memonitoring proses pengajaran yang dilakukan oleh mahasiswa di dalam kelas. Mahasiswa juga mendapatkan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan yang juga turut memberikan arahan demi kelancaran kegiatan PLT. Sebelum melakukan praktek mengajar didalam kelas mahasiswa perlu melakukan persiapan yang meliputi; pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan media pembelajaran. Semua persiapan yang dilakukan oleh mahasiswa dikonsultasikan dengan guru pembimbing supaya proses pembelajaran didalam kelas berlangsung dengan lancar. Pada pelaksanaan PLT ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih daridua kelas. Dalam menjalankan PLT saya mengampu tiga kelas yang meliputi kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Dalam satu minggu total jam pelajaran mata pelajaran geografi masing-masing kelas tersebut adalah 3 JP. Dimana dalam satu minggu terbagi menjadi dua pertemuan 1 JP dan 2 JP. Adapun jadawa mengajar XI IPS 1 di hari Senin dan Jum’at, XI IPS 2 hari Kamis dan Jum’at dan XI IPS 3 hari Senin dan Kamis. Terkadang mahasiswa diminta bantuan oleh guru untuk mendampingi siswa kelas XII IPS mengerkan UH ataupun mengerjakan tugas ketika guru berhalangan hadir. Selain kegiatan mengajar dikelas, mahasiswa PLT juga mengemban tugas antara lain seperti; menjaga piket, menjaga dan membanru perpustakaan, administrasi, mendampingi kegiatan siswa dan lain sebagainya. Dengan kegiatan PLT yang telah laksanakan, mahasiswa tidak hanya mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah didapat dibangku kuliah tetapi juga mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dari praktik langsung mengajar dan menangani siswa dalam kelas yang sebenarnya guna mengembangkan potensi jiwa sebagai calon pendidik yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 03:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54427

Actions (login required)

View Item View Item