LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Mufidah Khairani, Mufidah Khairani (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORSN PLT_MUFIDAH KHAIRANI_14102244016.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa guna mengembangakan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Seorang guru/pendidik harus memiliki kompetensi sebagai seorang guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Praktik Lapangan Terbimbing dilakukan mahasiswa di SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul. mahasiswa melakukan kegiatan mengajar dan nonmengajar. Kegiatan mengajar di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul dilakukan di TPA Prima Sanggar dengan bertemakan lingkunganku dengan sub tema rumah dan sekolah, Program Kesetaraan Paket B kelas 8 dan kelas 9 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) , Program Kesetaraan Paket C kelas XII mata pelajaran Bahasa Indonesia, Program Parenting Pembuatan Variasi Bekal Anak (Bento) dan Program Pembuatan Souvenir dari Kain Flanel, Program untuk Pendidik PAUD Pelatihan Pembuatan Media Belajar Anak (Boneka Tangan), Program Read Aloud untuk siswa TPA, senam ceria untuk siswa TPA, Cooking Class Tata Boga dan kegiatan mendongeng di TBM Keliling. Sedangkan kegiatan nonmengajar yaitu penyusunan modul Kelas Memasak, membuat undangan Program Parenting Pembuatan Variasi Bekal Anak (Bento), Membuat Pamflet Kelas Memasak, membuat undangan Program Fun Games, Perbantuan UK Hantaran, menata dan memberi tanda pada perpustakaan TBM Keliling. Hasil yang diperoleh dari melaksanakan PLT (Praktik Lapangan Terbimbing) di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, belajar melakukan persiapan sebelum mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ada pada saat melaksanakan kegiatan, mengetahui cara UK (Uji Kompetensi) Hantaran, mengetahui pengelolaan TBM dan TBM Keliling, mengetahui persiapan yang dibutuhkan dalam mengelola centra PAUD serta melatih bersosialisasi dengan semua pihak yang ada di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul maupun masyarakat yang menjadi sasaran program PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY, SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul, 2017
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54416

Actions (login required)

View Item View Item