LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Nurhidayah Siti Fatimah, Nurhidayah Siti Fatimah (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT_NURHIDAYAH SITI FATIMAH.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa guna mengembangakan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Seorang guru/pendidik harus memiliki kompetensi sebagai seorang guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT dilakukan mahasiswa di SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul. Pada PLT mahasiswa melakukan kegiatan mengajar dan nonmengajar. Kegiatan mengajar di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul dilakukan di TPA Prima Sanggar dengan bertemakan Lingkunganku dengan sub tema Rumahku, mengajar PAUD Kelompok Bermain bertemakan Lingkunganku sub tema Sekolahku, mengajar Senam TPA baby Shark dan senam Pinguin, Program Kesetaraan Paket B kelas 8 dan 9 mata pelajaran Bahasa Indonesia , Program Kesetaraan Paket C mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengajar Kursus Tata Boga Cooking Class I materi Brownies Waluh, mengajar parenting pelatihan Bento Pendidik dan Karyawan SPNF SKB Bantul, Instruktur Fun Games Pendidik dan karyawan dan mengajar Kursus Hantaran pembuatan Souvenir Bross Jilbab dan Gantungan Kunci. Sedangkan kegiatan nonmengajar yaitu pendampingan pembelajaran KB, Pendampingan Pembelajaran Kesetaraan Paket B dan C, Pendampingan Life Skill Kolase KB, pendampingan Cooking Class II, pendampingan Kursus Hantaran Pembuatan Souvenir Gantungan Kunci dan Box Souvenir, pendampingan Parenting Wali Murid TK Prima Sanggar. Hasil yang diperoleh dari melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, belajar sebelum mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ada pada saat melaksanakan kegiatan, mengetahui cara UK (Uji Kompetensi) Tata Rias dan hantaran, mengetahui penataan TBM, mengetahui Pelatihan ISO Lembaga serta melatih bersosialisasi dengan semua pihak yang ada di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul maupun masyarakat yang menjadi sasaran program PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY, SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul, 2017
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54413

Actions (login required)

View Item View Item