LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Hanna Taqiyya Maudi, Hanna Taqiyya Maudi (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT_HANNA TAQIYYA MAUDI_14102241041.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PLT merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa guna mengembangakan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Seorang guru/pendidik harus memiliki kompetensi sebagai seorang guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul selama dua bulan. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari observasi hingga pelaksanaan mengajar. Pelaksanaan mengajar terbagi menjadi beberapa tahap yaitu membuat RPP/RPPH, menyusun materi, membuat media pembelajaran hingga melakukan penilaian atau evaluasi. Selama kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mahasiswa melakukan kegiatan mengajar dan nonmengajar. Kegiatan mengajar di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul dilakukan di pada program kesetaraan paket C Mata Pelajaran Sosiologi, Geografi dan Pendidikan Kewarganegaraan, mengajar dan pendampingan di Kelompok Bermain (KB) Prima Sanggar, Senam ceria dan mengajar di TPA Prima Sanggar, Life Skill pembuatan celengan, parenting pembuatan bento, cooking class, pembuatan souvenir, pembuatan boneka tangan dan fun games. Selain kegiatan mengajar penulis juga melaksanakan program penunjang (non mengajar) yakni penyambutan PAUD, senam PAUD Terpadu, koordinasi TBM. Penulis juga akan melakukan beberapa program tambahan, program-program tersebut yaitu pelatihan ISO, perbantuan UK Hantaran Pengantin, perbantuan UK Tatarias, pendampingan KB, kerjabakti, dan monitoring dan evaluasi DPL UNY. Hasil selama melaksanakan PLT (Praktik Lapangan Terbimbing) di SPNF SKB Bantul Kab. Bantul, mahasiswa menerapkan berbagai pengetahuan dan praktik mengajar yang diperoleh di di perkuliahan. Selain itu mahasiswa memperoleh pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, belajar melakukan persiapan sebelum mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ada pada saat melaksanakan kegiatan, mengetahui cara UK (Uji Kompetensi) Hantaran Pengantin, Tata Rias, mengetahui persiapan yang dibutuhkan dalam membuat sebuah program yang melibatkan masyarakat yang menjadi sasaran program.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SPNF SKB Bantul Kabupaten Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54406

Actions (login required)

View Item View Item