TINGKAT AKTIVITAS JASMANI SISWA SMA/SMK BERDASARKAN SEKOLAH DI WILAYAH KECAMATAN WIROBRAJAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Setiawan, Bayu (2017) TINGKAT AKTIVITAS JASMANI SISWA SMA/SMK BERDASARKAN SEKOLAH DI WILAYAH KECAMATAN WIROBRAJAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fix.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu belum adanya data atau hasil penelitian mengenai seberapa besar tingkat aktivitas jasmani siswa Sekolah Menengah Atas di wilayah Kecamatan Wirobrajan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas jasmani siswa Sekolah Menengah Atas di wilayah Kecamatan Wirobrajan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA di wilayah Kecamatan Wirobrajan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 1542 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified sampling. Berdasarkan hal tersebut maka sampel yang dijadikan sampel yaitu siswa SMA N 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, SMA Bopkri 3 Yogyakarta dan SMK Pembangunan Yogyakarta sebanyak 188 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data data menggunakan kuesioner dari Physical Activity Questionnaire for Adolescents (PAQ-A) milik Kent C Kowalski et al (2004) yang sudah dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tingkat aktivitas jasmani siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Wirobrajan Daerah Istimewa Yogyakarta Sekolah Menengah Atas (Negeri) berkategori sangat rendah 11 orang (16,66%), rendah 23 orang (34,84%), sedang 32 orang (48,48%), tinggi 0 orang (0%), sangat tinggi 0 orang (0%). Sedangkan Sekolah Menengah Atas (Swasta) siswa berkategori sangat rendah 6 orang (4,16%), rendah 42 orang (29,16%), sedang 63 orang (43,75%), tinggi 3 orang (2,08%), sangat tinggi 0 orang (0%). Untuk siswa Sekolah Menengah Atas (Kejuruan) berkategori sangat rendah 1 orang (12,5%), rendah 7 orang (87,5%), sedang 0 orang (0%), tinggi 0 orang (0%), sangat tinggi 0 orang (0%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Jasmani, siswa SMA,PAQ-A, Wilayah Wirobrajan
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:28
Last Modified: 11 Mar 2019 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54403

Actions (login required)

View Item View Item