HUBUNGAN ANTARA KEBUGARAN JASMANI DAN TINGGI BADAN DENGAN KETERAMPILAN DASAR BOLABASKET SISWA SMA NEGERI 1 PURWANTORO YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET

Nur Huda, Sandi Wahyu Aji (2017) HUBUNGAN ANTARA KEBUGARAN JASMANI DAN TINGGI BADAN DENGAN KETERAMPILAN DASAR BOLABASKET SISWA SMA NEGERI 1 PURWANTORO YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kebugaran jasmani dan tinggi badan siswa SMA Negeri 1 Purwantoro yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket yang belum optimal sehingga mempengaruhi penguasaan keterampilan dasar bolabasket siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebugaran jasmani dan tinggi badan dengan keterampilan dasar bola basket siswa SMA Negeri1 Purwantoro yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 1 Purwantoro yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kebugaran jasmani dengan multistage test, pengukuran tinggi badan stadiometer dan tes keterampilan dasar bolabasket dengan Jonhson basketball test. Analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi, baik secara sederhana maupun ganda. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan keterampilan dasar bolabasket siswa SMA Negeri 1 Purwantoro yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket. a) ada hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan keterampilan dasar bolabasket siswa SMA Negeri 1 Purwantoro yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler diperoleh harga r hitung = 0,538 > r tabel (0.05)(19) = 0,369. b) ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan keterampilan dasar bolabasket siswa SMA Negeri 1 Purwantoro yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket diperoleh harga rhitung = 0,558 > r tabel (0.05)(19) = 0,369. c) ada hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dan tinggi badan dengan keterampilan dasar bolabasket siswa SMA Negeri 1 Purwantoro yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket diperoleh harga F hitung 4,514 > F tabel (347) ) pada taraf signifikansi 5% dan Rhitung = 0,589 > R(0.05)(19) = 0,369.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, tinggi badan, keterampilan dasar bolabasket
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:28
Last Modified: 11 Mar 2019 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54401

Actions (login required)

View Item View Item