UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LARI ABC PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGERGUNUNG

Dea Meylinda, Maria Della Strada (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LARI ABC PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGERGUNUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Maria Della Strada Dea Meylinda (13604221042).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran lari jarak pendek masih dibawah KKM yaitu kurang dari 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran lari jarak pendek melalui pendekatan bermain lari ABC pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pagergunung Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru PJOK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pagergunung Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 siswa putri dan 11 siswa putra. Penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru SD Negeri 1 Pagergunung merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali tatap muka. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan dan angket, dilakukan oleh peneliti dan kolabolator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari jarak pendek untuk kelas IV SD Negeri 1 Pagergunung Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Berdasarkan hasil angket, terlihat keaktifan dan rasa senang dikategorikan baik, sedangkan hasil evaluasi gerak dasar lari jarak pendekpada siklus 1 sebesar 60,87% siswa yang mampu melakukan gerakan lari jarak pendek dengan benar, pada siklus 2 meningkat menjadi 78,26% siswa, dan meningkat pada siklus 3, yaitu sebesar 100% siswa yang mampu melakukan gerakan lari jarak pendek dengan benar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lari jarak pendek, pendekatan bermain.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54396

Actions (login required)

View Item View Item